Truk Scanter “Ajeb-ajeb” dari Kuningan

Bukan cuma mobil yang bisa eksis dengan tampilan modifikasi. Truk ringan atau light duty truck (LDT) juga bisa diubah menjadi kendaraan niaga yang tak kalah menarik bila disejajarkan dengan mobil custom.

Bila tidak percaya, silakan lirik karya modifikasi Mitsubishi Fuso Colt Diesel FE 74 HD yang digarap oleh Jerry Sujari dari PT Bukit Jaya Mandiri (BJM), Kuningan, Jawa Barat, ini.

Mengedepankan tema elegan, truk yang akrab disapa “kepala kuning” ini kini lebih tenar dengan panggilan Scanter.

“Namanya kami pangil Scanter. Kenapa? karena modelnya ala Scania, tetapi seluruhnya masih Canter. Total modifikasi kalau dari awal itu habis Rp 300 jutaan, kami ubah tetapi tidak menghilangkan fungsinya,” ucap Jerry kepada wartawan di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Full SQL

Pengerjaan, kata Jerry, lebih kurang hampir memakan waktu satu tahun hingga benar-benar sempurna. Bagian tersulit ada di sektor interior, yang terpaksa di bobok ulang untuk menerapkan konsep elegan serta memasang perangkat audio.
Stanly/KompasOtomotif
Nuansa interior dibuat lebih elegan

Konsep elegan memang diterapkan Jerry pada sisi interior. Dengan dimensi yang minim, Jerry bersama timnya mencoba untuk memaksimalkan ruang sempit pada Colt Diesel Canter.
Kedua jok sampai dasbor dibalut ulang dengan menggunakan warna kulit yang senada dengan cat bodi. Agar kesan elegan lebih tampil, diberikan sedikit warna hitam plus mini bartender yang diletakkan tepat di tengah antara jok pengendara dan penumpang.

Pemasangan sistem hiburan menjadi pengerjaan yang benar-benar menyita waktu. Pasalnya, dek atas kabin wajib dibongkar habis untuk membenamkan semua perangkat audio dan juga empat buah LCD di tengah pilar A. Tidak tanggung-tanggung, agar bisa “jedak-jeduk”, konsep audio langsung mengarah ke sound quality loud (SQL) yang mengutamakan tingkat kekerasan suara.