Suzuki Bantah Ertiga Pakai Diesel Milik Chevrolet Spin

Suzuki Ertiga Diesel resmi mengaspal di Tanah Air dengan teknologi hibrida ringan. Menariknya, ternyata kapasitas mesin Ertiga serupa dengan yang pernah digunakan Chevrolet Spin beberapa waktu lalu, yakni 1.300 cc variable-geometry turbochargers (VGT).

Lantas apakah benar bahwa mesin yang digunakan Ertiga diesel saat ini sama dengan Spin? Menanggapi pertanyaan ini, Marketing Director SIS 4W Donny Saputra, secara tegas menyatakan bahwa mesin ini merupakan pengembangan dari Suzuki sendiri.

“Saya pastikan mesin diesel Ertiga beda dengan mereka (Spin). Meski secara kapasitas sama, tapi soal teknologi beda, mesin ini Suzuki yang kembangkan, bukan menggunakan produk Amerika,” kata Donny di Bogor, Rabu (8/2/2017).

Selain mesin diesel, lanjut Donny, Ertiga juga memiliki fitur hibrida yang tidak dimiliki mantan kompetitornya. “Karena itu, saya berani jamin mesin ini bukan mesin mereka,” lanjut Donny menegaskan.
Stanly/KompasOtomotif
Mesin diesel Ertiga 1.300 cc

Donny juga memastikan bahwa Ertiga Diesel Hybrid tidak akan memiliki nasib seperti Spin. Seperti diketahui, sejak Chevrolet menutup pabrik di Bekasi, Spin pun sudah tidak diproduksi dan penjualannya tidak diteruskan di Indonesia.

“Sebelum meluncurkan produk kami selalu studi untuk melihat kebutuhan konsumen. Seperti yang saya bilang, secara fitur kami punya hybrid, ini yang membuat kami yakin bisa lebih sukses dibandingkan mereka (Chevrolet Spin),” kata Donny.